Delapan Dimensi Profil Lulusan DEEP LEARNING.PPT



Rencana penerapan Kurikulum Nasional (Kurikulum 2025) sebagai penyempurnaan Kurikulum Merdeka akan berfokus pada penerapan pendekatan Pembelajaran Mendalam dalam kegiatan Intrakurikuler dalam rangka menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif dan berdaya saing global, serta mengganti P5 dengan Project Based Learning.   

 Pembelajaran Mendalam (PM) dirancang sebagai pendekatan yang mampu menjawab tantangan krisis pembelajaran dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Pendekatan ini bertujuan untuk mendorong pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, penerapan pengetahuan dalam konteks dunia nyata, serta pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.  

Dalam Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam (PM) terdapat 8 (delapan) dimensi profil lulusan peserta didik, yakni 1) Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME; 2) Kewargaan; 3) Penalaran Kritis; 4) Kreativitas; 5) Kolaborasi; 6) Kemandirian; 7) Kesehatan; 8) Komunikasi.   Berikut ini penjelasan singkat 8 (delapan) dimensi utama profil lulusan peserta didik yang harus menjadi pedoman bagi pendidik dalam membentuk lulusan yang unggul, adalah 

 1. Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dimensi ini menekankan pentingnya keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan serta penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik diajarkan untuk memiliki akhlak yang baik dan menjunjung tinggi moralitas dalam setiap aspek kehidupan.   

 2. Kewargaan Peserta didik diharapkan memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara serta memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik. Mereka diajarkan untuk berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat dan mendukung nilai-nilai demokrasi serta persatuan nasional.   

 3. Penalaran Kritis Kemampuan berpikir kritis menjadi aspek penting dalam menghadapi tantangan dunia modern. Peserta didik dilatih untuk menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, serta mengambil keputusan berdasarkan pemikiran yang logis dan rasional.   

 4. Kreativitas Peserta didik didorong untuk berpikir inovatif dalam menciptakan ide-ide baru serta menyelesaikan masalah dengan cara yang orisinal. Mereka dibiasakan untuk mengekspresikan diri melalui berbagai bentuk seni, teknologi, dan inovasi lainnya.

5. Kolaborasi Kolaborasi dan kerja sama merupakan inti dari dimensi ini. Peserta didik diajarkan untuk bekerja sama dengan orang lain, saling membantu, serta membangun hubungan sosial yang positif dalam berbagai konteks kehidupan.   

 6. Kemandirian Peserta didik didorong untuk memiliki kemandirian dalam berpikir, bertindak, dan mengambil keputusan. Mereka diajarkan untuk bertanggung jawab atas proses belajar dan kehidupan mereka sendiri.   

 7. Kesehatan Dimensi ini menekankan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental. Peserta didik diajarkan pola hidup sehat, pentingnya olahraga, serta kesadaran akan kesehatan mental dan emosional untuk menunjang kesejahteraan dalam kehidupan sehari-hari.   

 8. Komunikasi Peserta didik dilatih untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan menyampaikan ide, berdiskusi, serta memahami perspektif orang lain menjadi bagian penting dari dimensi ini untuk mendukung keberhasilan dalam berbagai aspek kehidupan.   Pada intinya kedelapan dimensi profil lulusan peserta didik dalam pembelajaran mendalam di Indonesia bertujuan untuk menciptakan individu yang unggul, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan global. Dengan menginternalisasi nilai-nilai ini dalam sistem pendidikan, diharapkan lulusan yang dihasilkan dapat menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan bagi bangsa dan negara. 


KLIK DISINI untuk mendownload file dalam bentuk PPT

Popular posts from this blog

MAKALAH POPULASI DAN SAMPEL

فِعِلْ اْلأمَرْ FI'IL AMAR (Kata Kerja Perintah)

CRM software